Sesuai dengan perintah Bupati Jayapura terkait pelayanan Puskesmas di seluruh Kabupaten Jayapura, maka Kepala Distrik Nimbokrang Bapak Sujono Effendy, S.Pd,.M.Pd,.M.H melakukan inspeksi Mendadak (Sidak) di UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas ) Nimbokrang dengan tujuan untuk memastikan apakah Pelayanan Kesehatan terhadap masyarakat yang berobat sudah memenuhi Standart Pelayanan Minumum (SPM) atau belum.
Berdasarkan keterangan Plt. UPTD Kepala Puskesmas Nimbokrang, menyampaikan bahwa untuk pelayanan di Puskesmas Nimbokrang telah sesuai dengan Standart Pelayanan Minimum ( SPM ) protap yang ada, hal ini kami buktikan dengan adanya tempat pendaftaran, dan untuk Puskesmas Nimbokrang dibagi atas 2 (dua ) Klaster. Klaster pertama untuk melayani pasien dewasa dan Klaster kedua untuk balita dan anak. Dan memang diakui oleh Kepala UPTD Puskesmas Nimbokrang bahwa terkait Sarana dan Prasarana, masih sangat membutuhkan, khusus untuk ruangan Kepala Puskesmas yang belum tersedia, sedangkan beberapa ruangan juga agak sempit, sehingga sedikit agak menghambat layanan, akan tetapi Kepala Puskesmas menyampaikan akan tetap menigkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh warga yang membutuhkan pelayanan di bidang kesehatan.
Untuk pasien BPJS Puskesmas Nimbokrang murni tidak melakukan pungutan sedikitpun, apabila ada pungutan itu merupakan bukan pasien BPJS, dan menurutnya hal itu dilakukan sesuai aturan yang berlaku, intunya tidak memberatkan pasien. Sedangkan pelayanan di UGD tetap dilayani apabila pasien tersebut benar-benar pasien kategori UGD, UGD buka 24 Jam dan yang selalu Stanby tugas adalah para tenaga medis yang bertempat tinggal di Komplek Perumahan Puskesmas, ada 4 Suster dan 2 Dokter, untuk hal - hal lain Kepala Puskesmas juga menyampaikan banyak Terima Kasihnya kepada Kepala Distrik Nimbokrang atas kunjungannya, karena ini merupakan perhatian khusus terhadap pelayanan kesehatan yang ada di Distrik Nimbokrang semoga kerja sama ini akan terjalin lebih intent untuk memajukan Distrik Nimbokrang yang lebih maju, Kepala Puskesmas juga mengakui bahwa ada pasien yang datang menggunakan mobil ambulance langsung ke Rumah Sakit Yowari dan akhirnya ditolak pihak Rumah Sakit hal ini disebabkan karena Pasien dimaksud tidak melalui Puskesmas, dan itu diluar tanggung jawab kami Puskesmas Nimbokrang.
Sementara Kepala Distrik Nimbokrang menyampaikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Puskesmas Nimbokrang beserta seluruh Tenaga Medisnya bahwa Puskesmas Nimbokrang telah melakukan pelayanan kesehatan terhadap warga masyarakat dengan sebaikbaiknya, tetap menjalain kerjasama dengan seluruh tenaga medis yang ada,tingkatkan pelayanan yang lebih baik lagi demi kemajuan kesehatan di Distrik Nimbokrang.
Terkait hal- hal yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Nimbokrang, Kepala Distrik Nimbokrang Bapak Sujono Effendy, S.Pd.,M.Pd,.M.H mengatakan bahwa akan menyampaikan seluruh usulan yang sementara menjadi kendala pelayanan, dan di Tahun 2025 ini Pemerintah Distrik Nimbokrang juga akan memberikan makanan tambahan bagi bayi yang berkategori masuk dalam Stunting, karena Stunting juga merupakan hal yang harus kita atasi bersama.
Di akhir penyampaiannya Kepala Distrik Nimbokrang berpesan, untuk Tetap Semangat bekerja melayani warga masyarakat, semoga akan menjadi ladang pahala, dan tetap Amanah dalam menjalankan tugas-tugas yang mulia ini.
© Distrik Nimbokrang
2025 |
Media Informasi Distrik Nimbokrang